Pertemuan 1.
1. Dalam prosedur penulisan
program arti atau maksud yang terkandung di dalam statement adalah
pengertian dari:
a. Semanti
b. Sintaks
c. Source program
d. Kebenaran Logika
e. Leksikal
d. Kebenaran Logika
e. Leksikal
2. Tenaga pelaksana (Brainware)
yang membutuhkan atau menggunakan flowchart dalam melaksanakan tugasnya adalah:
a.
DBA
b. Programmer
c. Data Entry
d. Technical Support
e. Operator
3. Perangkat keras (Hardware)
yang digunakan untuk melihat output dari program adalah:
a.
Keyboard
d. Disk Drive
b. Monitor e. Mouse
c. Printer
4. Perangkat lunak seperti
Windows, Unix, Linux adalah merupakan jenis perangkat lunak:
a. Package
Software d. System Software
b. Application
Software e. Utility Software
c. Operating System
5. Bahasa pemrograman di bawah
ini yang berorientasi dalam bidang bisnis adalah:
a.
Basic
c. Cobol
b.
Pascal d. Assembler
c. Fortran
1. Yang bukan ciri-ciri
algoritma pemrograman yang baik adalah:
a. Memiliki logika
perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan masalah
b. Menghasilkan output yang
tepat dan benar dengan waktu yang lama
c. Ditulis dengan bahasa yang
standar secara sistematis sehingga tidak menimbulkan arti ganda.
d. Ditulis dengan format yang
mudah dipahami dan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman.
e. Memiliki waktu run-time yang
singkat
2. Dibawah ini manakah
penulisan logika pengujian yang paling benar:
a. IF item = nilai1
c. IF item = nilai1
instruksi1
instruksi1
ELSE
IF item = nilai2
ENDIF item = nilai2
instruksi2
instruksi2
ENDIF
ENDIF
b. IF item =
nilai1
d. IF item =
nilai1
e. IF item = nilai
instruksi
instruksi1
instruksi1
EndIF
END
ELSE
IF
item =
nilai2
IF
item=nilai2
instruksi2
Instruksi2
instruksi2
ENDIF
EndIF
END
3. Salah satu standar
penyusunan program harus mempunyai sifat kesederhanaan dan kejelasan dari
program yang berguna untuk:
a.
Portabilitas
c. Perawatan dan pengembangan
b. Waktu
penulisan d. Kebenaran Logika
e. Efisiensi
4. Sifat penulisan program
selain bersifat statis dan tidak fleksibel dan struktur programnya selalu berubah
seperti program animasi disebut :
a.Data
Oriented c. Terstruktur Oriented
b.Program Oriented d. OOP
e.Modular programming
5. Di bawah ini yang bukan
standar penulisan instruksi yang baik dalam pembuatan program adalah:
a. Hindari pernyataan untuk
Percabangan (IF statement) yang sangat rumit dan Nested Loop (Loop di dalam
Loop lain) yang berlebihan.
b.Gunakan sebaris atau beberapa
baris kosong sebagai pemisah
c.Hindari penulisan “kurung
buka dan tutup” dalam menulis suatu ekspresi Aritmatika atau logika.
d.Awal dan akhir statement dari
sekumpulan statement ditulis pada kolom yang sama
e.Gunakan kurung buka dan
kurung tutup untuk operasi aritmatik
1. Mendapatkan pemahaman
tentang permasalahan yang ada, sehingga akan diperoleh asumsi yang benar
sebelum membuat suatu program disebut :
a. Definisi Masalah
b. Desain
Algoritma
c. Bahasa Pemrograman
d. Testing and Debugging
e. Pengkodean
2. Menguji program serta
mengoreksi error yang terdeteksi disebut :
a. Definisi
Masalah d. Testing and Debugging
b. Desain
Algoritma
e. Pengkodean
c. Bahasa Pemrograman
3. Dibawah ini yang bukan
merupakan karakteristik seorang programmer yang baik adalah:
a. Mampu menyusun algoritma
dengan baik dan logis.
b. Memiliki ketekunan dan
ketelitian yang tinggi.
c.Menguasai bahasa dan teknik
penulisan program dengan baik.
d. Tidak memerlukan kerjasama
Tim
e. Tahan dalam kondisi tertekan
(Under Pressure)
4. Dalam menulis program
interaktif diperlukan di bawah ini, kecuali:
a. program harus dapat mengecek
setiap kemungkinan yang penting, yang akan muncul pada
data masukan (validasi).
b. program tidak memerlukan
validasi terhadap setiap data yang masuk
c. Buatlah format masukan
sesederhana mungkin
d. Berikan pesan, apabila
program memerlukan suatu waktu tunggu
e. Berikan keterangan/pesan
bila user salah dalam input data
5. Menentukan kebutuhan
spesifikasi fungsi, kemampuan dan fasilitas program yang akan dibuat, disebut :
a.Definisi
masalah b.Analisis kebutuhan
c. Desain
Algoritma
d. Testing dan Debugging
e. Semua benar
1. Pada tipe data terstruktur
terdapat tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen/komponen
yang memiliki tipe data yang sama, adalah:
a. record
c. Array
b.
Struct
d. Statement
e. Linklist
2. Tipe data ini digunakan
untuk merepresentasikan kumpulan (set) elemen/komponen yang memiliki satu jenis
atau lebih tipe data, adalah:
a.
record
c. Array
b.
Struct
d. Linklist
e. a, b, dan d benar
3. Dibawah ini yang bukan
merupakan Simple Statement, adalah :
a. Assignment
Statement
b. Iteration Statement
c. Function/Procedure
statement
d.
Jump Statement
e. Penugasan
4. Statement yang digunakan
untuk melakukan perulangan sekumpulan statement, adalah :
a.Assignment
Statement
b.Iteration Statement
c.Function/Procedure
statement
d. Jump Statement
e. Penugasan
5. Jangkauan nilai dari 0
sampai dengan 255 adalah tipe :
a.
Booelan
b. String
c.
Integer
d. Real
e. Byte
1.Diagram alir yang
menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses
pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut, adalah:
a.
Sistem Flowchart
b. Application Flowchar
c.
Program
Flowchart
d. Paket Flowchart
e. UML
2. Simbol flowchart yang
menggambarkan Keyboard adalah: Gambar B
3. Simbol flowchart yang
menggambarkan proses adalah: Gambar D
4. Simbol flowchart yang
menggambarkan pengujian pada program adalah: Gambar A
5. Simbol flowchart yang
menggambarkan konektor satu halaman adalah: Gambar D
1.Dibawah ini Bahasa
pemrograman yang dapat menghasilkan file EXECUTABLE adalah, kecuali:
a.
PASCAL d. VISUAL BASIC
b. BASIC
e. DELPHI
c. C
2.Menterjemahkan
instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul ke dalam bahasa mesin sehingga
dihasilkan suatu file executable, adalah penterjemah bahasa pemrograman, yaitu:
a.
Assembler d. Compile
b. Interpreter e. Debugging
c. Profiling
3. Z = ( 10 / 0 )
adalah contoh dari kesalahan program:
a. Syntax
error
d. Simantic error
b. Runtime error e. Leksikal error
c. Logic error
4.Akar minus (bilangan negatif)
adalah contoh dari kesalahan program:
a. Syntax
error
d. Simantic
error
b. Runtime error e. Leksikal error
c. Logic error
5.Output potongan program
dibawah ini adalah
: I = 0
While I <=
10 DO { if ((I mod 2)==0)
{ cout << I << “
“; I =
I + 1;
}
}
a. 0 2 4 6 8
10
d. 0 1 3 5 7 9
b. 2 4 6 8
10
e. 0 2 4 6 8
c. 1 3 5 7
9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar